loader

Hamdalah Ketika Bersin, Apa Maknanya?

Islam adalah ajaran yang memiliki sifat-sifat dasar yaitu kesempurnaan dan sesuai dengan fitrah kemanusiaan. Islam sebagai agama yang lengkap telah mengatur hal-hal yang kecil pula antara lain seperti bersin. Rasul SAW sebagai Uswatun Hasanah telah mengajarkan kepada kita adab ketika bersin.

Terdapat doa yang harus diucapkan ketika seseorang bersin, orang yang mendengar bersin, serta ada pula doa jawaban bagi orang bagi orang yang mendoakan orang yang bersin tersebut. Bahkan dengan mengikuti adab tersebut, bersin yang kita lakukan akan mendatangkan pahal disisi Allah SWT.

Suatu hari, Rasulullah berjumpa dengan dua orang di hadapannya. Keduanya sama-sama bersin, kemudian mengucapkan `alhamdulillah`. Rasulullah senang mendengarnya, artinya orang tersebut sedang memuji Allah atas nikmat yang diberikan kepadanya.

Kemudian, Rasulullah juga senang saat saudara sesama Muslim yang mendengar saudara Muslimnya bersin, kemudian juga ikut mendoakan dengan mengucap `yarhamukallah`.  Setelah orang bersin itu mendengar saudaranya mengucapkan `yarhamukallah`, Rasulullah memintanya untuk juga balas mendoakan dengan mengucap `yahdikumullahu wa yushlihu balakum`.

Begitulah cara Rasulullah memberikan nasihat. Bahwa Islam, bukan saja untuk saling mengasihi dan menyayangi, melainkan juga untuk saling mendoakan.

tetapi apa hikmah dibalik ucapan `alhamdulillah` yang diucapkan ketika bersin? kenapa Rasul SAW memerintahkan kita untuk mengucap lafadz hamdalah ketika bersin? berikut penjelasannya :

1. Bersin itu sendiri adalah nikmat, karena setelah bersin hidung serta tenggorokan akan bersih dari kotoran dan terasa lega, karena itulah bersin harus disyukuri. Salah satu bentuk syukur termudah dan tercepat yang dilakukan setelah bersin yakni mengucapkan alhamdulillah.

2. Bersin terjadi ketika ujung syaraf dalam hidung mendeteksi adanya virus atau bakteri. Dengan demikian, merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan bibit penyakit. Penelitian menyebutkan, setidaknya ada sekitar 2 juta bibit penyakit berupa bakteri yang akan terlempar ke udara disaat kita bersin.

3. Pada saat bersin, mata kita tertutup, karena syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling berkaitan. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Pada saat kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menjadi tegang, jantung akan berhenti berdenyut sesaat (selama nol koma sekian detik). Segera setelah bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali, makanya kita mengucap syukur Alhamdulillah, karena jantung kita berdenyut kembali dan kotoran dari hidung keluar.

Demikianlah beberapa hiukmah dari mengucap `Alhamdulillah` ketika kita bersin, masih banyak lagi hikmah-hikmah dari setiap ajaran yang diperintahkan oleh Nabi SAW yang harus dikaji dan pelajari oleh setiap Msulim untuk menambah keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT dan rasulNya.  Wallahu A`lam
---

[Redaksi], dilah dari berbagai sumber




0 Komentar




Recent Posts

Kategori Video